CARA MUDAH MENCEGAH DIABETES

Diabetes mellitus adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang karena peningkatan kadar glukosa darah, yang terjadi akibat kekurangan insulin baik absolut maupun relatif.

Terdapat beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ataupun mengurangi risiko diabetes Anda. Berikut beberapa tips yang mungkin perlu dicoba.


HINDARI KARBOHIDRAT DARI PADI-PADIAN

Setidaknya kita pernah mendengar pentingnya mengurangi berat badan dan mengendalikan gula diabetes. Karbohidrat merupakan rantai gula yang panjang, karena itu hanya akan berpengaruh bila dilakukan pengurangan diet karbohidrat dalam jumlah besar agar kadar gula darah dan hormon insulin berada di titik normal.

Mengurangi asupan karbohidrat bukanlah dengan mengkonsumi makanan rendah karbohidrat sepanjang hari. Cara terbaik adalah dengan menghindari karbohidrat yang gizinya kurang dan karbohidrat yang meningkatkan gula darah secara cepat. Inilah cara mencegah diabetes yang benar.

HINDARI GULA DAN PADI-PADIAN

Jenis karbohidrat apa yang tidak baik bagi gula darah? Sebagaimana yang kami tuliskan pada beberapa artikel sebelumnya, yakni makanan yang terbuat dari gula yang disuling dan padi-padian.

Makanan ini adalah makanan yang harus dihindari agar tubuh kita lebih sehat, berat badan normal, dan terhindar dari penyakit diabetes.

Beberapa ahli menyarankan agar apabila mengkonsumsi makanan dari padi-padian sebaiknya yang bukan olahan, lebih baik dikonsumsi selagi murni. Namun demikian, padi-padian baik olahan maupun murni tetap mengandung karbohidrat tinggi. Padi-padian biasanya digunakan untuk menggemukan ternak. Hal yang sama bisa terjadi pada tubuh kita.

Mengurangi lemak dan dan menjaga tingkat berat badan yang sehat merupakan cara mencegah diabetes yang juga sangat efektif.

Kita perlu menghindari makanan berkarbohidrat tinggi sebagai salah satu cara mencegah diabetes. Contoh makanan yang perlu dihindari adalah:

  • gula
  • produk dari padi-padian
  • roti, pasta, dan makanan panggang (bakery)
  • sayur-sayuran yang mengandung zat tepung, seperti kentang

MAKAN SAYUR-MAYUR

Cara mencegah diabetes selanjutnya adalah dengan makan berbahan sayur-mayur. Sayur mayur merupakan jenis karbohidrat yang memberikan tingkat kenaikan gula darah dan hormon insulin yang paling rendah.

Sayuran tidak mengandung zat tepung. Cirinya adalah sayur yang tidak berakar) Selain itu, sayuran sangat kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Aturan utama dalam ilmu gizi adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin nilai gizi per kalori makanan. Dalam hal ini, sayuran yang tidak mengadung zat tepung menempati urutan pertama dari daftar karbohidrat.

Dalam sekali penyajian, sayur-sayuran 40 kali lebih sedikit daripada makanan yang terbuat dari padi-padian. Artinya kita bisa mengkonsumi sayur-sayuran lebih banyak tanpa mengganggu gula darah dan hormon insulin.

Penelitian yang dilakukan di Inggris pada tahun 1999 menemukan bahwasannya orang yang biasa mengkonsumsi sayur-mayur 80 persen lebih rendah terkena penyakit diabetes daripada yang jarang mengkonsumsi sayuran.

DAPATKAN PROTEIN DALAM JUMLAH BESAR

Sangat penting bagi tubuh untuk mendapat asupan protein sebagai penyeimbang. Kita bisa mendapatkan protein dari protein hewani seperti: ayam,kalkun,ikan,daging segar dan telur

Ahli gizi sangat memahami akan pentingnya protein. Protein menaikan tingkat metabolisme, membangun dan memperbaiki otot, juga merangsang produksi glukagon, yakni hormon anti insulin yang membantu tubuh membakar lemak di dalam tubuh.

Bagaimana jika kita kekurangan protein? Maka metabolisme tubuh akan melambat dan tubuh akan kehilangan aktivitas otot.

Protein yang mencukupi tubuh dapat menghilangkan lemak, memelihara otot, dan merupakan cara yang sehat untuk menurunkan berat badan.

Sayur-sayuran hijau, protein hewani, dan buah-buahan merupakan tiga jenis makanan yang dapat mengurangi ketergantungan terhadap karbohidrat. Jadikan kombinasi tiga jenis makanan ini sebagai menu sehari-hari.

Misalnya Anda membuat sarapan dengan telur dadar dikombinasikan dengan sayuran. Ini lebih baik agar tingkat asupan karbohidrat berkurang, sebaliknya meningkatkan asupan protein dan serat.

Protein itu sendiri tidak akan melukai ginjal. Justru gula sangat berbahaya terhadap kesehatan ginjal. Sebuah penelitian terhadap tikus yang mengidap diabetes memperlihatkan ketika gula darah berada di tingkat 100 mg/dL, mereka akan tetap sehat dan tidak memiliki gangguan ginjal, berapapun jumlah protein yang dikonsumsi.

JAUHI LEMAK JAHAT

Sebagaimana karbohidrat, lemakpun ada jenis yang baik dan ada pula jenis lemak yang tidak baik untuk tubuh.

Menghindari lemak tidak baik sama pentingnya sebagaimana menghindari karbohidrat tinggi sebagai cara mencegah diabetes dan melawan kelebihan berat badan.

Lemak yang merupakan pemicu kelebihan berat badan dan resiko diabetes banyak ditemukan dalam makanan yang mengandung minyak terhidrogenasi, contohnya:

  • makanan yang digoreng
  • minyak nabati dengan omega 6
  • minyak jagung, minyak kacang kedelai, dan minyak safflower

Namun ada juga jenis lemak yang bisa dijadikan obat penting bagi kesehatan insulin. Lemak ini biasa terdapat pada lemak tidak jenuh tunggal atau yang disebut monounsaturated dan omega 9. Contohnya:

  • Minyak zaituN
  • Buah advokat
  • Kacang-kacangan

Ketiga jenis makanan ini sesungguhnya sangat menolong para penderita diabetes. Ketiganya merupakan contoh makanan yang mengandung lemak baik HDL (kolesterol baik) dan menghalangi LDL (kolesterol jahat).

Journal of the American Medical Association pernah merilis hasil penelitian bahwa wanita yang mengkonsumsi 5 porsi kacang per minggu 27 persen lebih rendah kemungkinannya terserang diabetes, daripada yang jarang memakannya.

NB : Segala informasi yang ada di artikel ini bukan dimaksudkan sebagai pengganti saran dari para ahli kesehatan, tetapi hanya sebagai pelengkap atau tambahan informasi saja.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *