Dua Hal Sepele Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Kepercayaan diri dapat tumbuh akibat penampilan yang maksimal. Untuk dapat memiliki penampilan yang maksimal, wajah adalah salah satu hal yang wajib untuk dijaga. Namun, bagaimana apabila wajah merupakan tempat tumbuh jerawat. Salah satu penyakit kulit ini memang merupakan hal yang sangat wajar dialami oleh semua orang dari rentang usia 15 – 35 tahun. Tetapi, apabila kenormalan itu tidak diatasi dengan baik hanya akan membuat jerawat akan semakin memburuk, dan memenuhi seluruh bagian kulit wajah.

Memang sangat menjengkelkan apabila kulit wajah yang tadinya mulus, lembut, dan bersih kini malah dipenuhi oleh jerawat. Sebelum masuk kedalam pembahasan mengenai cara mengatasi jerawat, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab munculnya jerawat. Penyakit kulit yang identic dengan masa pertumbuhan ini, bisa tumbuh karena produksi minyak yang tidak terkontrol, dan juga akibat tumbuhnya bakteri. Dengan mengetahui penyebab tumbuhnya jerawat, maka akan lebih mudah untuk mengobati penyakit jerawat, yang sangat menyebalkan dan memiliki warna merah, serta bintik putih ditengahnya.

Selanjutnya, masuk kedalam pembahasan utama untuk mengobati jerawat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jerawat dapat tumbuh karena dua hal :

Pertama : produksi minyak yang berlebih.

Minyak merupakan senyawa yang sangat diperlukan oleh kulit untuk menyeimbangkan pH serta suhu tubuh. Namun, apabila produksi minyak yang terlalu berlebihan, hanya akan menutup semua pori dan akan menimbulkan benjolan yang disebut jerawat.

Untuk mengatasi minyak yang berlebih, dapat menggunakan potongan jeruk lemon atau mentimun. Kedua bahan tersebut memiliki sifat oksidasi dan mampu menyerap semua minyak berlebih pada kulit wajah.

Kedua : munculnya jerawat adalah dari bakteri.

https://i1.wp.com/cdn-asset.hipwee.com/wp-content/uploads/2017/09/hipwee-maxresdefault-3-2-640x360.jpg?resize=320%2C180&ssl=1

Propionibacterium Acnes adalah mikroba kecil yang hidup pada area pori-pori kulit yang berminyak. Bakteri tersebut menyerang sistem imunitas yang menyebabkan munculnya kulit kemerahan, bengkak kecil yang membentuk jerawat di kulit.

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Sebenarnya caranya sangat mudah, untuk membunuh bakteri penyebab jerawat bisa menggunakan lidah buaya. Tanaman daun lidah buaya sejak dahulu kala sudah dikenal sebagai anti bakteri alami. Daun lidah buaya terdiri dari kulit dan gel, dan gel inilah yang digunakan sebagai anti bakteri. Selain daun lidah buaya, belimbing wuluh juga bisa digunakan sebagai alternative anti bakteri lainnya.

Setelah mengetahui penyebab munculnya jerawat, maka cara atasi jerawat yang tepat dapat dilakukan. Dan satu hal lainnya yang harus digaris bawahi adalah, jangan melakukan cara untuk mengatasi masalah dengan bahan kimia. Karena penggunaan bahan kimia, hanya akan memberikan efek resisten terhadap jerawat itu sendiri. Dan yang paling parah, jerawat hanya akan semakin subur.


You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *