5 Cara Mudah Perawatan Rambut

Rambut adalah mahkota, baik pria maupun wanita. Untuk menjaga kesehatan rambut banyak dari kita yang rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Padahal ada beberapa cara mudah nan alami yang dapat dilakukan untuk menunjang perawatan kesehatan rambut kita.

  • Cuka Apel atau Cuka Putih

Membilas rambut dengan cuka (khusus Cuka Apel atau cuka putih) mungkin terdengar seperti ide yang mengerikan, tetapi bisa sangat cara yang efektif untuk mengobati ketombe. Sederhananya, ketombe adalah hasil dari sel-sel kulit mati yang terlalu cepat dan menyebabkan iritasi. Cuka akan menyingkirkan kulit yang tidak diinginkan yang akan mengelupas menjadi ketombe, dan tidak akan menyumbat pori-pori. Jamur juga dapat menyebabkan ketombe dan cuka bertindak seperti fungisida.

Yang Anda perlukan :


– 1/2 Cangkir air hangat

– 1/2 Cangkir Cuka Apel atau cuka putih

Caranya :

Campur air hangat dan cuka dalam cangkir. Jumlah total dapat bervariasi menjadi lebih atau kurang tergantung pada berapa banyak rambut yang Anda miliki. Tuang campuran di atas rambut Anda, gosok lembut selama beberapa menit, dan kemudian bilas secara menyeluruh dengan air (hanya air!). Tunggu sekitar 8-12 jam sebelum mandi normal. Ulangi sekali setiap minggu atau dua minggu, tergantung pada seberapa sering Anda merasa Anda membutuhkannya.

  • Baking Soda atau Soda Kue

Baking Soda membantu untuk menghapus ketombe Anda. Pertama, membantu pegelupasan, yang akan menyingkirkan kulit mati berlebihan. Ini juga membunuh dari bertindak sebagai fungisida, dan jamur yang umumnya ada pada kulit kepala, semua orang dapat menyebabkan ketombe jika menjadi terlalu berlimpah.

Yang Anda perlukan :

– 1 sendok makan baking soda

– 1 cangkir air hangat

– Beberapa tetes minyak rosemary (opsional)

Caranya :

Campurkan satu sendok makan baking soda untuk setiap satu cangkir air hangat. Jika Anda menggunakan botol bekas shampoo atau sabun (pastikan benar-benar bersih), kocok terlebih dahulu. Jika tidak, aduk sebelum Anda menggunakannya. Lakukan ini sebagai shampoo, setiap hari jika memungkinkan. Rambut Anda mungkin terasa cukup kering di awal, namun minyak alami akan mengembalikan mereka kelembapan rambut Anda, dan akan jauh lebih seimbang daripada ketika menggunakan beberapa normal shampo. Jika Anda merasa Anda benar-benar harus menggunakan shampo maka Anda dapat menambahkan satu sendok teh baking ke dalam shampo Anda dan menggunakannya. Minyak rosemary adalah opsional, tetapi beberapa orang menemukan rosemary membantu menghilangkan ketombe dan rosemary memiliki aroma yang menyenangkan.

  • Biji Fenugreek

Fenugreek adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu, terutama di masakan India; namun bisa juga dijadikan obat. Biji fenugreek kaya akan protein dan asam amino, mendorong rambut atau pertumbuhan rambut yang sehat dan menahan proses pengelupasan kulit mati. Karena tinggi akan lesitin, biji Fenugreek ini juga dapat membuat rambut menjadi lebih kuat, halus dan lembut.

Yang Anda perlukan:

– 2 Sendok makan biji Fenugreek

– 1 mangkuk air

Caranya :

Rendam biji Fenugreek dalam 1-2 gelas air semalam. Keesokan paginya, haluskan biji Fenugreek menjadi halus dan oleskan di kulit kepala Anda. Biarkan selama 30-45 menit, lalu bersihkan dengan shampoo ringan atau air.

  • Daun Neem atau Daun Semambu

Daun Semambu juga membantu menghilangkan ketombe Anda. Daun tidak hanya mengurangi rasa gatal, tetapi sebagai antijamur juga, kelebihan ketombe bisa juga menumbuhkan jamur. Dan jamur ini menyebabkan bau yang tidak sedap.

Yang Anda perlukan :

– 2 genggam daun semambu

– 4-5 Cangkir air panas

Caranya :

Masukkan dua genggam daun semambu ke dalam mangkuk dan tambahkan 4 sampai 5 cangkir air panas. Diamkan semalam. Keesokan paginya saring cairan dan bilaslah rambut Anda dengan cairan ini. Anda juga dapat mencoba membuat adonan berbentuk pasta dari daun ini, lalu olesi di kulit kepala anda dan diamkan selama satu jam sebelum mencucinya dengan air.

  • Listerine

Yang Anda perlukan :

Listerine sebenarnya diciptakan pada tahun 1879 oleh seorang dokter di Missouri dan digunakan sebagai antiseptik untuk dokter gigi. Ketika Listerine dijual ke sebuah perusahaan farmasi, maka Listerine pertama kali diperkenalkan sebagai pencuci mulut. Di tahun 1930-an dan ’40-an, salah satu tujuan aslinya juga untuk melawan ketombe. Karena salah satu penyebab ketombe adalah jamur.

Listerine pertama kali diperkenalkan sebagai pencuci mulut. Di tahun 1930-an dan ’40-an, salah satu tujuan aslinya juga untuk melawan ketombe. Karena salah satu penyebab ketombe adalah jamur.

ama kali diperkenalkan sebagai pencuci mulut. Di tahun 1930-an dan ’40-an, salah satu tujuan aslinya juga untuk melawan ketombe. Karena salah satu penyebab ketombe adalah jamur.

– air

– Listerine Mouthwash (sebaiknya tidak hijau atau biru karena mereka mungkin akan membuat noda di rambut Anda)

– Botol -Spray (opsional)

Caranya :

Campur 2 bagian air dengan 1 bagian Listerine. Setelah shampoo, semprot atau siramkan larutan tersebut ke kulit kepala Anda, pijat dengan baik, dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.

NB : Segala informasi yang ada di artikel ini bukan dimaksudkan sebagai pengganti saran dari para ahli kesehatan, tetapi hanya sebagai pelengkap atau tambahan informasi saja.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *